Tuesday 1 March 2016

Panduan Cara Membuat Blog dari Awal Sampai Sukses

Sebelum kita membahas cara membuat blog dari dasar hingga sukses ada baiknya jika kita mengenal dan mendalami apa itu blog. karena jika anda baru terjun dalam dunia blogging disarankan untuk mengetahui lebih dalam Tentang seputar dunia blogging. dengan mengetahui pengetahuan tersebut akan sangat membantu sekali dalam membuat blog sukses. Sedikit ulasan tentang pengertian blog. 
                         
                                 Panduan Membuat Blog dari Awal Sampai Sukses

Blog merupakan kependekan dari "Web Blog" yaitu sebuah situs web dengan menu utama tulisan, komentar, termasuk gambar dan video yang biasanya dioperasikan secara perorangan. sedangkan orang yang memiliki sebuah blog disebut dengan nama Blogger. Kebanyakan blog memberikan komentar, atau menceritakan tentang suatu hal yang bersifat pribadi.

Fungsi Awal blog adalah sebagai buku harian online tetapi seiring berjalannya waktu, kebanyakan blog sudah mulai merambah dari Web personal menjadi website yang sesungguhnya.

Panduan Membuat Blog Dari Awal Sampai Sukses

Untuk membuat blog yang sukses anda harus belajar dari awal hingga pemahamannya. jadi baca dengan cermat dan pahami dengan baik.

# Kenapa Kita Ngeblog?

banyak blogger" yang berfikir apa untungnya dari ngeblog?. perlu disadari bahwa ketika kita sedang ngeblok kita akan mendapakan manfaat yang begitu banyak. manfaatnya itu untuk kita sendiri bukan orang lain jadi banyak sekali manfaat dari ngeblog. berikut manfaat dari kita melakukan blogging.    

1). Menjadi Seorang Penulis Hebat
Kenapa bisa menjadi seorang penulis hebat? karena ketika seseorang menjadi blogger kita akan selalu menulis artikel dan mngepostkannya. memang pertama kali orang yang mengenal dunia blog akan cukup kesulitan dalam menulis sebuah artikel, menulis 1 kalimat saja bisa" membuat dia kesulitan. Tapi seiring berjalannya waktu maka kemampuan menulis seorang blogger akan meningkat pesat. seorang blogger tidak harus memiliki kemampuan menulis yang professional. tapi cukup dengan kegigihan dan tekad yang kuat.

2). Membantu Orang Lain Di Internet
manfaat blog yang kedua adalah membantu atau memberikan info yang kita ketahui yang dijelaskan melalui tulisan kepada publik/pembaca karena telah memberikan informasi yang yang sangat berguna bagi mereka.

3). Menambah Pengetahuan Tentang Blogging
Manfaat yang saya rasakan setelah melakukan ngeblog adalah mendapatkan wawasan yang luas. pelajaran tersebut akan berguna sekali nantinya saat kita terjun kedalam dunia Internet Marketing. dengan melakukan ngeblog kita akan mendapatkan  pelajaran yang positif mulai dari Menjadi seorang penulis hebat hingga bisa membangun sebuah kepercayaan di internet.

4). Menghasilkan Uang
bukan hanya ketiga hal diatas yang bisa kita dapat setelah melakukan ngeblog tapi blog juga bisa menghasilkan uang, dengan cara melakukan jaringan periklanan maupun menjual jasa atau produk anda sendiri. tetapi jika ingin menghasilkan uang kita harus benar serius dalam membangun sebuah blog yang berkualitas. Jika blog sudah benar berkualitas dan memadai otomatis uang akan datang dengan sendirinya.


# Dari Mana Harus Memulai?

Sebenarnya memulai ngeblog itu mudah. tetapi kebanyakn orang yang baru memulai ngeblog malah membuat dirinya sendiri menjadi bingung.

1). Tentukan Tujuan Blog
Jika Ingin memulai ngeblog dengan serius pastikan anda harus memiliki tujuan dalam membangun blog tersebut. karena jika kita membuat blog yang tidak jelas tujuannya akan kemana maka sudah dipastikan blog tersebut akan gagal karena blog tersebut tidak jelas arah tujuannya kemana, dan itu akan membuat kita malas dalam mengelola blog terserbut dan akhirnya sama saja.

2). Tentukan Tema/Topik
Apakah topik itu penting? "SANGAT PENTING" karena blog yang tidak memiliki topik atau blog campurang (memiliki lebih dari 2 topik) itu akan membuat blog tersebut lama berkembangnya. jadi usahakan memilih topik yang anda sukai dan anda minati, jika topik yang anda memilih topik yang salah maka blog anda tidak akan bertahan lebih lama.

3). Mulai Menulis
Jika sudah memiliki tujuan, topik. maka yang paling penting adalah menulis sebuah artikel setiap dengan konsisten. jika blog tersebut tidak diisi dengan tulisan apa jadinya?. Tulislah infotmasi yang nada ketahui yang sesuai dengan topik anda. jangan menulis artikel yang berbeda dengan topik tersebut.

4). Memperindah Template
Memang ini tidak terlalu penting dalam sebuah blog. tapi jika anda ingin sebuah blog dengan kesan yang baik, anda bisa memperindah tampilan blog tersebut. Tambahlah sebuah Widget" yang penting saja dan jangan berlebihan dalam memperindah tampilan. karena kualitas sebuah blog tidak dilihat dari tampilan tapi Sebuah konten yang menarik.

# Mulai Mengembangkan Blog

Jika kita sudah memiliki artikel yang cukup memadai. langkah selanjutnya adalah memperbanyak pembaca atau pengunjung. Dengan cara promosi ke social media dan pastinya harus mengetaui Apa itu Seo, seo adalah optimasi sebuah blog agar membuat lebih maksimal.

1). Fokus Kepada Konten
Sebuah konten atau artikel adalah hal yang paling penting dala sebuah blog. karena faktor yang membuat blog menjadi sukses adalah sebuah konten. Jadi buatlah sebuah konten yang berkualitas dan semenarik mungkin.

2). Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau yang dikenal dengan SEO adalah cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah blog/website pada mesin pencari. jika anda ingin blog tersebut ramai dengan pengunjung anda harus melakukan teknik SEO. tapi tidak harus menggunakan teknik super SEO tetapi cukup dengan pemahaman dan dasarnya saja anda sudah bisa mendapat pengujung/trafik.

3). Melakukan Social Bookmark
Social bookmark adalah website yang fungsinya untuk mem bookmark halaman" diinternet secara online. cara yang sering dilakukan blogger" adalah boommark agar mendapatkan pengunjung dan juga backlink.

4). Blog Walking
Apa itu blogwalking? blog walking adalah kegiatan blogger berkunjung ke blog lain dan meninggalkan sebuah komentar positif. dengan melakukan blogwalking anda bisa mempromosikan sebuah website anda dan mendapatkan Berbagai manfaat. mulai dari Menjalin hubungan dengan blogger lain hingga berbagi ilmu pengetahuan.

# Menghasilkan Uang

Kalau blog anda sudah lumayan banyak pengunjung dan mempunyai banyak konten tidak ada salahnya blog tersebut menjadi sumber penghasilan anda.

1). Periklanan
dengan melakukan periklanan anda bisa menghasilkan uang di blog. cara yang paling disukai blogger adalah menjadi publiser periklanan. dengan mengikuti program ini kita hanya perlu memasang kode di blok kita, otomatis iklan akan tampil. kita akan dibayar setiap kali ada pengunjug yang mengklik iklan kita. Program yang paling banyak dugunakan adalah Google Adsense

2). Menjual Jasa
Menjual jasa adalah cara lain blogger menghasilkan uang di blog. anda bisa menjual jasa apapin di blog tersebut. seperti menjual jasa menulis artikel, Menjual jasa design blog. dan masih banyak lagi yang bisa anda gunakan di blog.

3). Menjual Produk Sendiri maupun Afiliasi
Cara yang cukup menguntungkan dan bisa menghasilkan uang di blog adalah menjual produk sendiri. jika anda mempunyai toko baju alangkah bagusnya jika agan menjual produk tersebut di blog. seperti halnya Lazada Dan masih banyak lagi.

Belajar dalam sebuah blog bukanlah hal yang sulit, selama kita mempunyai tekad dan kemauan. Kesalahan adalah awal dari kesuksesan. jadi kesalahan adalah perlajaran yang membuat kita menjadi lebih baik lagi.
Itulah Informasi Tentang Cara Membuat Blog Dari Awal Sampai Sukses. Sekian dari saya semoga bermanfaat untuk semua baik untuk penulis maupun pembaca

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment