Friday 18 March 2016

Cara Membuat Blog Unik dan Menarik Dimata Pembaca

Membuat sebuah blog menjadi unik dan menarik adalah hal yang diinginkan oleh semua blogger, terutama bagi blogger pemula. Pastinya blogger pemula ingin membuat blog mereka menjadi unik dan menarik dimata Google maupun pengunjung blog tersebut.
dengan mempunyai blog yang unik atau berbeda dengan yang lain, tentunya akan membuat pembaca menjadi tertarik dengan blog anda, mulai dari tata cara bahasanya, template, hingga widget-widget.
                         
                                Cara Membuat Blog Unik dan Menarik Dimata Pembaca

Banyak blogger yang sukses di indonesia itu dikarenakan konten mereka yang bagus serta berkualitas, tetapi ingat sebuah konten bukanlah faktor utama yang membuat blog tersebut disukai oleh banyak orang, tetapi uniklah yang membuat blog disukai. dengan kata lain mereka memiliki pengunjung banyak karena konten yang berkualitas + dengan keunikan mereka. jadi keunikan lah yang disukai orang lain. maka dari itu unik sangat diperlukan oleh setiap blogger

Lalu gimana caranya membuat blog yang unik dan menarik dimata pengunjung? nah kabar bagusnya saya sudah siapkan tipsnya untuk anda blogger pemula maupun yang sudah tidak pemula.

Cara Mendesain Blog Menjadi Unik dan Menarik 

Untuk membuat blog yang unik dan menarik ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan bisa langsung anda praktekan. berikut tipsnya

1). Gunakanlah Template Yang Berbeda Dari Yang Lain

Usahakan anda menggunakan template yang berbeda dari yang lain. bertujuan agar blog anda menjadi unik. disinilah kesalahan blogger" pemula yaitu menggunakan template yang sering digunakan oleh blogger lain. pastinya blog tersebut akan terkesan sama dengan yang lain, dengan kata lain tidak unik.
jadi buatlah template sendiri yang menurut anda unik dan keren. atau jika anda belum bisa membuat template anda bisa mengunduhnya di website template. tetapi ingat gunakanlah template yang SEO Friendly dan juga Responsive agar lebih baik nantinya.


2). Buat Logo dan Favicon Pada Blog Anda

Tujuan membuat logo dan favicon adalah agar blog anda menjadi terkesan profesional dan unik. jika anda membuat logo yang terbilang sederhana tapi itu akan membuat pembaca menjadi tertarik dengan blog anda. jadi buatlah logo semenarik mungkin dan berbeda dengan yang lain. usahakan logo anda berhubungan dengan topik blog anda.


3). Gunakan Tata Bahasa Yang Menarik Perhatian Pembaca

yang satu ini untuk membuat blog anda menjadi lebih menarik dimata pengunjung, Jika anda menggunakan tata bahasa yang baik dan menarik perhatian pastinya membuat blog anda menjadi lebih fresh dan ceria. jadi akan membuat pembaca tidak mudah bosan dengan blog anda. Contoh tata bahasa yang saya maksud adalah:

  • Menggunakan kata "Juragan" Halo Juragan Apakabar? Sehat" Saja Kan.
  • Menggunakan kata "Sobat" Halo Sobat Bertemu Lagi Dengan Saya Udin.
  • Menggunakan kata "Nomor " Selamat Datang Pada Konten Yang Ke 2016 Saya.

Seperti itulah contoh kata bahasa yang menarik yang saya maksud. bertujuan agar pembaca lebih terbawa suasana dan tidak terlalu serius dalam membaca konten yang anda tulis. tips dari saya adalah lebih baik menggunakan bahasa yang anda minati dan jangan mengikuti tata bahasa orang lain yang sering digunakan.

4). Atur Style Warna Template

Yang saya maksud adalah mengganti atau merubah warna template sesuai anda, seperti templatenya mas herman yudiono ( www.blogodolar.com ) yang kita kenal dengan blog yang ketat warnanya dengan biru Facebook. jadi aturlah warna template anda mulai dari Warna Link, Warna Belakang Template. sehingga akan membuat blog anda menjadi berbeda dengan yang lain.

Saya sarankan jangan membuat blog dengan terlalu banyak warna kenapa? karena itu akan membuat pembaca lebih mudah terganggu pada saat read konten anda.

5). Membuat Blog Dengan 1 Niche (Topik)

Kenapa saya membuat 1 Niche blog bisa menjadikan blog tersebut unik? itu karena setiap pengunjung yang datang akan membaca artikel anda. jika niche blog anda lebih dari satu tentunya akan membuat blog anda tidak unik dimata pembaca.. blog adalah sumber informasi,  jadi jika ada pengunjung yang datang pada blog anda dan melihat anda memiliki topik banyak sekali topik atau dengan kata lain Blog Gado"

Pastinya blog anda tidak unik dan menarik dimata pengunjung tersebut. dikarenakan artikel yang anda bahas campur aduk..

Jadi usahakanlah membuat blog dengan satu niche itu akan membuat blog anda bagus kedepan nantinya. terlebih lagi memiliki 1 topik sangat menguntungkan bagi blogger... karena pengunjung menyukai blog yang memiliki 1 topik

6). Pasang Widget Widget Seperlunya Saja

sebenarnya yang ini bukan termasuk membuat blog unik tapi membuat blog anda rapi dan bagus. Inti dari no enam ini adalah memasang widget" yang dibutuhkan saja, seperti Artikel Pilihan, Artikel Baru, Artikel Terkait, Tombol Share Social Media, Newslatter. dengan menggunakan widget yang secukupnya akan membuat blog anda lebih cepat diakses oleh mesin pencari maupun pengunjung blog. jadi jangan memasang terlalu banyak widget itu akan membuat blog anda berat.

7). Jangan Copy Paste

Yang terakhir adalah jangan copy paste inilah yang paling sering dilakukan blogger pemula. dengan alasan malas dan kemampuan menulis kurang. blogger yang melakukan copy paste sudah saya bilang sama pada artikel sebelumnya yaitu pecundang. Itulah yang membuat blog menjadi tidak unik dikarenakan copy paste..

Itulah tips dari saya yang ngeblog sekitar 1 tahun, memang jangka waktu yang pendek.. tapi saya yakin dengan pengalaman itu saya bisa membuat blog yang lebih baik lagi..
nah ngomong ngomong gimana sudah memenuhi ketuju tips diatas..?  jika belum anda bisa langsung mempraktekannya jika anda berminat..

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Blog Unik dan Menarik Dimata Pengunjung semoga bermanfaat untuk anda semua.

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment