Thursday 12 May 2016

11 Hal yang Perlu Anda Lakukan Setelah Membuat Blog Baru

Pada awal membuat blog banyak blogger pemula yang sangat bingung apa yang harus dia dilakukan, ingin memulai dari mana?, apa yang harus dilakukan?. sebenarnya memulai blog itu mudah. tetapi faktanya banyak blogger pemula yang bingung harus mulai dari mana. bahkan ada pula blogger yang meyulitkannya. padahal kalo dipikir-pikir masa sulit ngeblog itu hanyalah rasa malas semata. jadi awal membuat blog itu bukanlah masa sulit.

                                 11 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Membuat Blog Baru

Hampir semua blogger pemula setelah membuat blog dia hanya memikirkan tampilan blog, bahkan dia mementingan tampilan dari pada konten. disinilah kesalahan blogger pemula. padahal konten adalah faktor utama yang membuat blog bisa sukses. nah disnilah saya akan meluruskannya bagi anda blogger pemula. perlu diketahui bahwa yang menentukan blog anda bisa sukses apa tidak adalah dari sekarang. kok seperti itu?. karena untuk membuat blog sukses butuh persiapan yang matang.

Artikel Terkait : Panduan Cara Membuat Blog dari Awal Sampai Sukses

Lalu apa yang harus saya lakukan untuk blog baru saya?
caranya cukup mudah, anda hanya perlu membaca 11 hal yang perlu anda lakukan untuk blog baru anda. jika anda membaca artikel ini dengan cermat anda akan mendapatkan pelajaran yang penting. karena 11 tips ini akan berguna untuk blog anda kedepanya.


11 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Membuat Blog

Ada 11 hal yang perlu anda lakukan untuk blog baru anda. saya akan menulisnya secara berurutan. kesebelas hal ini sangat besar perannya untuk membuat blog anda bisa sukses kedepannya. baca dengan cermat.

1). Tentukan Tujuan Blog Anda

Hal paling utama adalah menentukan tujuan blog anda. pastikan anda menentukan tujuan blog tersebut. tentunya jika anda ingin membangun sebuah blog sukses, anda harus menentukan tujuan tersebut. jika blog anda tidak jelas tujuannya kemana. sudah bisa dipastikan blog anda akan sulit berkembang. dan rasa malas pun datang dan akhirnya blog tersebut mati untuk selama"nya.


2). Tentukan Topik Blog

Topik blog adalah hal kedua yang harus anda pastikan. usahkan anda membuat blog dengan topik yang anda minati. jika topik blog anda sediri tidak menyukainya, blog anda akan sulit berkembangnya. atau bisa saja anda mengikuti orang lain dan anda ingin mengikutinya. ingat jangan sekali-kali meniru orang lain dengan alasan apapun. motivasi boleh tetapi jangan sampai anda sama persis dengan orang tersebut. itu akan membuat ciri chas anda tertutupi. jadilah diri sendiri!

3). Menentukan Platform Blog Anda ( Blogger atau Wordpress )

Menentukan platform blog anda juga penting. anda memilih blogger yang gratisan atau wordress.org yang berbayar. jika anda tidak ingin mengeluarkan uang anda bisa memilih blogger.com tetapi sebaliknya jika anda ingin serius dalam ngeblog anda bisa memilih wordpress.org yang berbayar. saran saya jika anda belum terlalu mahir ngeblog ada baiknya jika anda memulai dengan blogger.com jika kemampuan anda cukup anda bisa beralih ke wordpress.org.


4). Menghidupkan Moderasi Komentar

mengaktifkan moderasi komentar termasuk penting. jika anda sudah membuat blog baru dan sudah menentukan tujuan serta topik blog tersebut. anda harus mengaktifkan moderasi komentar. tujuannya tidak lain adalah untuk menghindari komentar tidak layak. seperti spam atau sejenisnya. fungsi moderasi komentar adalah menyaring komentar yang masuk, di publiskan atau dihapus.


5). Submit Blog Ke Google WebMaster Tool

Yang kelima adalah anda harus menyumbit blog anda ke webmastertool. setiap blog baru wajib menyumbit ke GMT. fungsi dari gmt tersebut sebenarnya banyak, tetapi saya tidak bisa menyebutkannya satu persatu.salah satunya adalah anda bisa mengecek error blog anda dan bisa memperbaikinya. intinya anda wajib meyubmbit blog anda.


6). Mendesain Blog Yang Baik

ada pentingnya juga anda mempercantik tampilan blog anda. walaupun ini tidak terlalu penting. maksud saya mendesain blog yang baik adalah memperindah tampilan blog anda secara sehat. jangan meletakan widget-widget tidak berguna yang membuat blog anda menjadi berat. disinilah kesalahan blogger pemula yaitu menambahkan widget tidak jelas yang membuat blognya menjadi berat. usahkan anda mendesain tampilan blog anda, misal menambahkan ini :
  • Popular post
  • Recent post
  • Kategori
  • Profil Diri Anda
  • Kolom Subscribe
Itu adalah beberapa widget penting untuk blog. usahakan selain widget diatas jangan memasang widget yang lainnya seperti animasi atau sejenisnya. membuat blog berat.

7). Membuat Halaman Khusus

Ngerti maksudnya membuat halaman khusus?. halaman khusus itu seperti contact, about dan lainnya. jadi anda harus membuat halaman khusus tersebut. anda bisa membuat halaman penting saja menurut anda. saya sendiri saja hanya memasang halaman kontak dan about. tujuannya adalah memberikan pengalaman yang baik kepada pembaca. jika dia butuh pertanyaan di bisa menghubungi. serta anda akan terlihat lebih profesional dalam ngeblog.

8). Membuat Logo dan Favicon

Sebenarnya ini tidak terlalu penting. tetapi tidak ada salahnya jika anda membuatnya. karena ini juga termasuk profesional. jika anda mempunyai blog dengan niche teknologi usahakan anda membuat logo yang berhubungan dengan teknologi. dan pasanglah favicon blog anda, bisa berupa huruf atau favicon yang berhubungan.

Jika semua tips diatas sudah anda lakukan, hal selanjutnya adalah...

9). Membuat Postingan Berkualitas ( Ingat Yang Berkualitas )

Jika tips diatas sudah anda laksanakan, selanjutnya adalah anda harus membuat artikel berkualitas. hal terpenting dari sebuah blog adalah membuat postingan berkualitas ingat harus berkualitas. sudah saya jelaskan pada postingan saya yang lalu bahwa tidak ada gunanya membuat banyak postingan jika postingan tersebut tidak berkualitas. lebih baik 1 postingan berkualitas dari pada 10 postingan abal-abal. jadi usahakan anda membuat postingan yang berkualtias.

10). Mempromosikan Blog dan Konten

Yang selanjutnya adalah anda harus mempromosikan konten. ini penting. banyak blogger yang mengira bahwa setelah menulis artikel dan mengklik publish dia sudah selesai. itu salah besar. sebenarnya tantangan yang sebenarnya adalah promosi konten. Coba pikirlah untuk apa membuat konten yang berkualitas jika tidak ada yang membacanya?.

Nah disinilah peran promosi sangat penting untuk blog baru. jika blog anda sudah cukup terkenal barulah anda bisa mengurangi target promosi konten anda.

11). Banyak Membaca dari Blog Yang Sukses

hal terakhir adalah banyak membaca dari blog yang sukses. ini adalah pelajaran yang penting. jika anda tidak belajar kursus. anda bisa belajar dengan cara otodidak yaitu belajar dengan sendiri. banyak"lah anda belajar dan membaca dari blog sukses. karena dari situlah semangat ngeblog anda bisa bangkit. mulai dari motivasi serta semangat.

Mungkin ada kekurangan diatas mohon dimaafkan jika ada kekurangan mungkin anda bisa menambahkannya dikomentar. karena saya juga didominasi blogger pemula.

Nah itulah Informasi Tentang 11 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Setelah Membuat Blog Baru. semoga bermanfaat untuk semua baik untuk pembaca maupun untuk penulisnya.

Terima Kasih

6 comments: