Saturday 24 September 2016

7 Kesalahan Blogger Saat Membangun Blog Otoritas

Mungkin kesalahan adalah hal yang wajar bagi seorang blogger pemula. tapi jika yang melakukan kesalahan itu adalah seorang blogger yang sudah lama terjun dalam dunia blogging itu sudah pasti dipertanyakan.. nah yang mau saya bahas disini adalah apakah anda sering melakukan kesalahan saat membangun sebuah blog otoritas?..Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang blog otoritas.

                                    7 Kesalahan Blogger Saat Membangun Blog Otoritas
  
Apakah anda tau blog otoritas?..
Blog otoritas ( authority blogs ) adalah blog yang dibuat oleh orang yang perpengalaman dalam topik yang akan dibahasnya. dan blog tersebut biasanya tidak terlalu mementingkan kata kunci.. berbeda dengan halnya blog niche yaitu blog yang ditujukan untuk kata kunci.

Sebagai contoh blog otoritas yaitu : ProBlogger.net

Dan biasanya seorang yang membangun blog otoritas adalah seorang yang serius. dengan kata lain seorang yang benar-benar ahli dalam topik yang akan dibuatnya.
Jika anda ingin membuat blog otoritas sebaiknya anda menghindari kesalahan dibawah ini.

7 Kesalahan Blogger Saat Membangun Blog Otoritas

Jika anda ragu dan kurang pede ketika membangun blog tersebut. setidaknya anda mengetahui apa yang harus anda hindarkan ketika membangunnya.

1). Salah Memilih Topik Blog

Hal yang paling penting sebelum memulai yaitu memilih topik blog. anda harus benar-benar berfikir ketika memilih topik yang akan anda bahas. jika anda sendiri tidak menguasainya, anda akan kesulitan ketika membuat konten tersebut. saran saya ketika memilih topik blog yang baik usahakan anda menguasainya..

Sebagai Contoh : Anda sudah sangat mahir dalam bermain alat music seperti Gitar. anda bisa membuat sebuah artikel yang berkaitan dengan Guitar tersebut. seperti tata cara belajar gitar dari awal hingga mahir. jika anda sudah berpengalaman dalam bidang tersebut tentunya akan memudahkan anda dalam menulis artikel.

2). Tidak Berpengalaman Dengan Topik Blog

Sebenarnya sudah saya sindirkan diatas bahwa. jika anda ingin membangun blog otoritas setidaknya anda harus memiliki pengalaman yang baik dalam 1 bidang maupun lebih. Jika pengalaman anda masih kurang tidak masalah..dengan syarat anda belajar lebih giat lagi sehingga anda bisa memiliki bekal.

Jika anda memiliki pengalaman yang bagus, anda akan lebih mudah mengembangkan blog otoritas anda, seorang owner dari blog harus bisa memberikan solusi terhadap pembacanya.


3). Tidak Konsisten Dalam Ngeblog

Hampir sekian banyaknya blogger yang memiliki kedua hal diatas tetapi tidak konsisten dalam mengelola blognya itu artinya Sama Saja! kenapa? mungkin anda bertanya. karena konsisten adalah hal yang penting anda terapkan ketika ngeblog. percuma anda semangat ngeblog diawal bulan dan bulan berikutnya hilang ntah kemana jiwanya.

Sedikit saran.. Tidak masalah anda menulis 1 artikel setiap 2 minggu tetapi dengan syarat artikel tesebut harus berkualitas dan juga anda menerbitkannya secara konsisten itu lebih baik.

4). Menulis Konten Yang Tidak Berkaitan Dengan Topik Blog

Disebut dengan blog otoritas yaitu blog yang isinya sudah pasti tentang seputar topik yang sudah dibuat. jangan salah.. beberapa blogger ada yang membuat blognya menjadi blog campuran. dengan kata lain blog yang bertopik bermacam-macan.

Jika anda ingin membangun blog yang betul berbau otoritas sebaiknya anda menghindari yang namanya blog campuran (Gado-Gado).. (saran saya)

5). Suka Menyalin Tulisan Orang Lain

Jika anda seorang blogger yang baik pastinya menulis artikel tersebut dari ide gagasan yang ada di kepala anda. serta didampingi dengan faktanya. dan bukan menjadi seorang blogger yang suka menyalin artikel orang lain, atau mengubah kata-katanya?. bisa saja tetapi yakinlah jika anda ingin membangun blog jangka panjang sebaiknya mengindari yang namanya CP.

Bukannya menyindir tetapi faktanya banyak sekali blogger pemula yang suka melakukan Copypaste. dikarenakan saya juga pernah melakukan copypaste waktu pertama kali terjun ke dunia blogging.. Hasil dari copypaste??

  • Kena Spam 
  • Kena Banned 
  • Kena Duplicat Konten

Jadi jangan sekali kali anda melakukan copypaste (sudah saya peringatkan) saya pernah guys.

6). Ragu Dengan Tulisan Sendiri?

Kata diatas sudah tidak asing lagi bagi saya karena banyak blogger yang tidak percaya diri dengan tulisannya sendiri. ini harus di hindarkan bagi seorang blogger, mengapa? tugas dari seorang pengelola blog adalah menulis apa yang ia ketahui, jadi jika tidak percaya diri dalam menulis artikel sebaiknya buang anggapan tersebut. seorang blogger harus percaya diri.

Walaupun jika awalnya anda ragu wajar saja jika anda masih didominasi blogger pemula. dan bila anda masih blogger pemula ada baiknya anda memulainya dengan blog biasa dulu, dan perbanyaklah membaca dari blog sukses.

7). Tidak Melakukan Hubungan Sesama Blogger

Hal yang perlu anda lakukan adalah membangun kepercayaan kepada sesaama blogger. atau anda harus mendapatkan pengakuan atau dukungan dari blog otoritas yang sama dengan anda. memang diangkap sepele, tetapi jangan salah dengan menjalin hubungan sesama blogger, akan membuat blog otoritas anda semakin kuat dan terpercaya.

Caranya? Anda bisa mulai dengan berkomentar dengan blog otoritas yang sama dengan anda. lalu jalinlah komunikasi, anda bisa langsung meminta mengajaknya bergabung dengan anda.

Sedikit Simpulan


Jika anda ingin menjadi seorang blogger otoritas yang sukses anda harus percaya pada diri anda sendiri, dan jangan menjadi orang lain, jadilah diri sendiri. anda yang menentukan anda sukses atau tidak. dan yakinkanlah diri anda sebagai blogger yang jujur.. Sekian Dari Saya

Terima Kasih

11 comments:

  1. Terimakasih untuk pencerahannya bang Nava

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya..saya newbie banget dan ingin sekali banyak belajar mengenai blogging

    ReplyDelete
  3. Kayaknya saya yang nomor 3 nih... hehe

    ReplyDelete
  4. Terimakasih informasinya, saya masih blogger pemula dan perlu banyak belajar untuk membangun blog otoritas

    ReplyDelete
  5. Point ke-3 itu memang yang paling fatal menurut saya. Jika kita memang niat ingin mengembangkan blog kita untuk di daftarkan ke adsense maka harus konsisten dari kitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Benar sekali sobat.. Konsisten itu penting

      Delete
  6. bagaimana cara bagun blog agar cepat ngehasilin uang bang

    ReplyDelete